Cara Mengajari Anak Mau Sikat Gigi

Cara Mengajari Anak Mau Sikat Gigi - MEMBIASAKAN Buah Hati menggosok gigi bukanlah perkara mudah. Namun, bukan berarti Ayah dan Bunda menyerah begitu saja. Agar anak rajin sikat gigi, sebaiknya ajak anak menggosok gigi dengan cara yang menyenangkan. Misalnya dengan cara mengajak anak sikat gigi bersama-sama, saat malam sebelum tidur. Jika anak belum bisa menyikat giginya dengan sempurna karena keterbatasan motoriknya, maka Ayah dan Bunda bisa membantunya menyikatkan ulang, setelah anak mencobanya sendiri.

Menurut Psikolog Putik Psychology Center Dewi Nur Evianti, M.Psi, selain menciptakan suasana menyenangkan, sikat gigi berbentuk menarik atau berhias karakter favorit anak juga mampu membuatnya senang. Tentu gigi dan gusi yang sehat sangat penting untuk keseluruhan kesehatan tubuh. Luka, penyakit, atau perkembangan gigi yang tidak baik dapat menyebabkan anak kurang gizi, sakit berkepanjangan, infeksi, masalah perkembangan bicara dan problem percaya diri.

“Ajak anak melihat Ayah atau Bunda saat menyikat gigi. Kemudian ajak anak menyikat giginya sendiri. Buat kegiatan ini menjadi kegiatan yang menyenangkan dan penuh tawa,”saran perempuan yang akrab disapa Dewi ini. Ayah dan Bunda juga harus konsisten saat menyikat gigi, agar anak dapat mengikuti tingkah laku orangtuanya. Kemudian, jelaskan kepada anak apa yang akan terjadi jika mereka tidak menyikat giginya dengan bahasa yang mudah mereka pahami. “Ceritakan tentang kuman-kuman jahat yang akan memakan gigi mereka jika mereka tidak menyikat gigi.

Buatlah jadi cerita yang menyenangkan,”tambahnya. Mengarahkan anak untuk peduli dengan kesehatan giginya sehjak dini memang diperlukan. Selain rajin menyikat gigi, berkumur dengan air putuh setelah makan juga penting. “Karena semakin lama sisa makanan terjebak di rongga mulut, maka sisa makanan tadi berubah menjadi asam. Tak hanya itu, jangan lupa periksakan anak ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali,”saran Dewi.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips Kesehatan dengan judul Cara Mengajari Anak Mau Sikat Gigi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bontang-blogger.blogspot.com/2012/09/cara-mengajari-anak-mau-sikat-gigi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: mdrcct - Wednesday, September 12, 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Mengajari Anak Mau Sikat Gigi"

Post a Comment