Jalan Lingkar Pesisir Bontang : Mungkinkah?

Pemkot Bontang terus mematangkan rencana membangun jalur lingkar di kawasan pesisir. Warga Lhoktuan dan Tanjung Limau sudah diberikan sosialisasi mengenai pengerukan laut untuk megaproyek tersebut.

Menurut Zammy Hazs, Camat Bontang Utara, tujuan sosialisasi agar nelayan bisa dihindarkan dari dampak pengerukan alur laut. Dalam arti, tak mengganggu mata pencaharian mereka.

Menurutnya, proses pengerukan itu sesuai kontrak nantinya akan dilakukan dalam 100 hari kerja.

“Dengan menggunakan 4 kapal keruk berukuran besar,” katanya.

Sebelumnya, Kadis PU Bontang Syirajuddin kepada Bontang Post menjelaskan, pembangunan jalan lingkar itu akan menghabiskan dana Rp 200 miliar.

“Itu kan baru perencanaan penggunaan anggaran. Yang jelas, kalau bergantung kepada APBD Bontang jelas tidak cukup. Makanya nanti kita ada rencana ‘berjualan’ di APBD Kaltim maupun ABPN,” katanya, belum lama ini.

Kemungkinan kata Syirajuddin, jika telah disetujui DPRD Bontang, maka dipastikan pembangunan jembatan jalan lingkar tersebut akan menggunakan system multiyears.

“Saya sih yakin, kalau tidak ada hambatan proyek ini bisa selesai dalam 2 tahun,” pungkasnya.

Dalam setiap kesempatan, Wali Kota Bontang, Adi Darma pun kerap memaparkan rencana pembangunan jalan lingkar yang menghubungkan antara 4 wilayah di Bontang yakni Lhoktuan, Tanjung Limau, Bontang Kuala dan Berbas Pantai ini.

Menurut Wali Kota, dipastikan pembangunan jembatan jalan lingkar tersebut akan menggunakan sistem multiyears.

Gambaran jalan lingkar ini, dicontohkan seperti daerah Cingkareng-Jakarta. Lebih lanjut dikatakannya, saat ini tahap pembangunan jalan lingkar masih dalam proses pembahasan antar SKPD.

Menurut Adi Darma, jika segalanya berjalan mulus dan tidak ada hambatan diprediksi 2012, sudah masuk perencanaan. Dan pemerintah menargetkan, Oktober nanti bisa selesai perencanaannya.

“Dengan adanya fasilitas jalan lingkar yang lokasinya di kawasan sepanjang pantai ini, diharapkan roda perekonomian masyarakat nelayan dapat meningkat, kebutuhan terhadap pelayanan transportasi darat yang memadai seiring dengan meningkatnya intensitas pembangunan di Bontang,” paparnya.

Rencananya, jalan tersebut akan menghubungkan Kelurahan Lhoktuan dengan Tanjung Limau, Bontang Kuala hingga nanti berakhir di Berbas Pantai.

Menurut Adi Darma, prioritas pengerjaan utama menghubungkan antara Lhoktuan dan Tanjung Limau, yang jaraknya diperkirakan hanya 3 kilometer.

“Selama ini, kalau sudah menuju Lhoktuan, tidak bisa kemana-mana lagi, karena buntu. Nah, kalau nanti jalan lingkar ini sudah terbangun, maka aksesnya semakin terbuka dan perekonomian semakin tumbuh,” ujarnya
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Bontang dengan judul Jalan Lingkar Pesisir Bontang : Mungkinkah?. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bontang-blogger.blogspot.com/2012/09/jalan-lingkar-pesisir-bontang-mungkinkah.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: mdrcct - Wednesday, September 12, 2012

Belum ada komentar untuk "Jalan Lingkar Pesisir Bontang : Mungkinkah?"

Post a Comment